Home » , » Kembar Siam

Kembar Siam

Written By mualimin tbi on 2/21/2014 | 09.16

Deskripsi masalah 
Kembar siam adalah keadaan kembar yang tubuh keduanya bersatu. Kebanyakan kembar siam memang meninggal dunia saat masih dalam usia bayi. Namun, sebagian dari mereka ada juga yang beranjak dewasa. Mereka pun juga ingin mempunyai keturunan seperti layaknya manusia normal. Akhirnya, ada juga dari mereka yang sudah menikah dan mempunyai anak.

Pertanyaan
a)      Dalam perspektif islam, kembar siam dianggap sebagai satu orang atau dua orang?
b)     Jika dianggap sebagai dua orang, bagaimana hukum pernikahannya terkait hubungan badan dengan pasangan?
c)      Jika keduanya berbeda kelamin, bagaimana hukum shalat jum’atnya? 

Jawaban
a.      Dengan berbagai jenisnya, Kembar siam dihukumi dua orang bila kepalanya lebih dari satu dan kedua kembar tadi punya kehidupan sendiri.

Keterangan Tambahan[1]:
Ada beberapa jenis kembar siam:
  • Thoracopagus: kedua tubuh bersatu di bagian dada (thorax). Jantung selalu terlibat dalam kasus ini. Ketika jantung hanya satu, harapan hidup baik dengan atau tanpa operasi adalah rendah. (35-40% dari seluruh kasus)
  • Omphalopagus: kedua tubuh bersatu di bagian bawah dada. Umumnya masing-masing tubuh memiliki jantung masing-masing, tetapi biasanya kembar siam jenis ini hanya memiliki satu hati, sistem pencernaan, diafragma dan organ-organ lain. (34% dari seluruh kasus)
  • Xiphopagous: kedua tubuh bersatu di bagian xiphoid cartilage.
  • Pygopagus (iliopagus): bersatu di bagian belakang. (19% dari seluruh kasus)
  • Cephalopagus: bersatu di kepala dengan tubuh yang terpisah. Kembar siam jenis ini umumnya tidak bisa bertahan hidup karena kelainan serius di otak. Dikenal juga dengan istilah janiceps (untuk dewa Janus yang bermuka dua) atau syncephalus.
o    Cephalothoracopagus: Tubuh bersatu di kepala dan thorax. Jenis kembar siam ini umumnya tidak bisa bertahan hidup. (juga dikenal dengan epholothoracopagus atau craniothoracopagus)
  • Craniopagus: tulang tengkorak bersatu dengan tubuh yang terpisah. (2%)
o    Craniopagus parasiticus - bagian kepala yang kedua yang tidak memiliki tubuh.
  • Dicephalus: dua kepala, satu tubuh dengan dua kaki dan dua atau tiga atau empat lengan (dibrachius, tribrachius atau tetrabrachius) Abigail dan Brittany Hensel, adalah contoh kembar siam dari Amerika Serikat jenis dicephalus tribrachius.
  • Ischiopagus: kembar siam anterior yang bersatu di bagian bawah tubuh. (6% dari seluruh kasus)
  • Ischio-omphalopagus: Kembar siam yang bersatu dengan tulang belakang membentuk huruf-Y. Mereka memiliki empat lengan dan biasanya dua atau tiga kaki. Jenis ini biasanya memiliki satu sistem reproduksi dan sistem pembuangan.
  • Parapagus: Kembar siam yang bersatu pada bagian bawah tubuh dengan jantung yang seringkali dibagi. (5% dari seluruh kasus)
  • Diprosopus: Satu kepala dengan dua wajah pada arah berlawanan.
REFERENSI
1. Al Bujairomi ‘ala Syarh Al Khatib Juz 3 , Hal. 17


البجيرمى على شرح الخطيب الجزء الثالث ص :329 دار الفكر
تنبيه: قوله اثنين قد يشمل ما لو ولدت امرأة ولدين ملتصقين لهما رأسان وأربع أرجل وأربع أيد وفرجان, ولهما ابن آخر ثم مات هذا الابن وترك أمه وهذين, فيصرف لها السدس وهو كذلك لأن حكمهما حكم الاثنين في سائر الأحكام من قصاص ودية وغيرهما.
قوله: (وأربع أرجل وأربع أيد) قال حج: وظاهر أن تعدد غير الرأس ليس بشرط, بل متى علم استقلال كل بحياة كأن نام أحدهما دون الآخر فالحكم كذلك ا هـ. وعبارة ق ل: ودخل بالثاني ما لو كانا ملتصقين وأعضاء كل منهما كاملة حتى الفرجين فلهما حكم اثنين في جميع الأحكام حتى إن لكل منهما أن يتزوج سواء كانا ذكرين أو أنثيين أو مختلفين, فإن نقصت أعضاء أحدهما فإن علم حياة أحدهما استقلالا كنوم أحدهما ويقظة الآخر فكاثنين أيضا وإلا فكواحد ا هـ
b.      Tetap sah
Catatan : Tetap wajib semampunya menjaga dari bersentuhan, melihat dan menutup auratnya orang yang bukan pasangannya.
c.       Wajib bagi yang berkelamin laki-laki. Dan wajib bagi keduanya mengusahakan agar tidak timbul fitnah yang disebabkan oleh keluarnya perempuan.  

REFERENSI
1. Tuhfatul Muhtaj Juz 6, Hal. 397
2. Al Majmu’ Syarh Al Muhadzab Juz 4 Hal. 350
3. Bujairomi ‘ala Syarh Al Khotib Juz 3 Hal. 329


تحفة المحتاج ج 6 ص 397
ولو كانا ملتصقين ولكل رأس ويدان ورجلان وفرج إذ حكمهما حكم الاثنين في سائر الأحكام كما نقلوه عن ابن القطان وأقروه وظاهر أن تعدد غير الرأس ليس بشرط بل متى علم استقلال كل بحياة كأن نام دون الآخر كانا كذلك .
( تنبيه ) سئلت عن ملتصقين ظهر أحدهما في ظهر الآخر ولم يمكن انفصالهما فأحرما بالحج ثم أراد أحدهما تقديم السعي عقب طواف القدوم والآخر تأخيره إلى ما بعد طواف الركن فمن المجاب وهل إذا فعل أحدهما ما لزمه من الأركان والواجبات بموافقة الآخر ثم أراد الآخر ذلك يلزم الأول موافقته والمشي والركوب معه إلى الفراغ أيضا أو لا وهل يلزم كلا أن يفعل مع الآخر واجبه من نحو صلاة سواء أوجب عليه نظير ما وجب على صاحبه أو لا ضاق الوقت أم لا ؟ فأجبت بقولي الذي يظهر من قواعدنا أنه لا يجب على أحدهما موافقة الآخر في فعل شيء أراده مما يخصه أو يشاركه الآخر فيه لأن تكليف الإنسان بفعل لأجل غيره من غير نسبته لتقصير ولا لسبب فيه منه لا نظير له ولا نظر لضيق الوقت ; لأن صلاتهما معا لا تمكن ; لأن الفرض تخالف وجهيهما

البجيرمى على شرح الخطيب الجزء الثالث ص :329 دار الفكر 
تنبيه: قوله اثنين قد يشمل ما لو ولدت امرأة ولدين ملتصقين لهما رأسان وأربع أرجل وأربع أيد وفرجان, ولهما ابن آخر ثم مات هذا الابن وترك أمه وهذين, فيصرف لها السدس وهو كذلك لأن حكمهما حكم الاثنين في سائر الأحكام من قصاص ودية وغيرهما.
قوله: (وغيرهما) كالنكاح فيجوز لكل منهما أن يتزوج سواء كانا ذكرين أو أنثيين أو مختلفين, ويجب الستر والتحفظ ما أمكن وفي الجمعة فإنهما يعدان من الأربعين حيث كانا متوجهين إلى القبلة بأن كان كل منهما بجنب الآخر, أما لو كانا مختلفين بأن كان ظهر أحدهما لظهر الآخر فلا يتأتى ذلك ويكون هذا عذرا في إسقاط الجمعة عن أحدهما اهـ.

المجموع شرح المهذب ج 4 ص 350
قال المصنف - رحمه الله تعالى - : ( ولا تجب الجمعة على صبي ولا مجنون , ; لأنه لا تجب عليهما سائر الصلوات فالجمعة أولى , ولا تجب على المرأة لما روى جابر قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم { من كان يؤمن بالله واليوم الآخر فعليه الجمعة إلا على امرأة أو مسافر أو عبد أو مريض } ولأنها تختلط بالرجل , وذلك لا يجوز )
( الشرح ) : حديث جابر رواه أبو داود والبيهقي وفي إسناده ضعف , ولكن له شواهد ذكرها البيهقي وغيره , ويغني عنه حديث طارق بن شهاب السابق والإجماع , فقد نقل ابن المنذر وغيره الإجماع أن المرأة لا جمعة عليها , وقوله : ولأنها تختلط بالرجال وذلك لا يجوز , ليس كما قال فإنها لا يلزم من حضورها الجمعة الاختلاط , بل تكون وراءهم . وقد نقل ابن المنذر وغيره الإجماع على أنها لو حضرت وصلت الجمعة جاز , وقد ثبتت الأحاديث الصحيحة المستفيضة أن النساء كن يصلين خلف رسول الله صلى الله عليه وسلم في مسجده خلف الرجال ولأن اختلاط النساء بالرجال إذا لم يكن خلوة ليس بحرام .




[1] (http://id.wikipedia.org/wiki/Kembar_siam)
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar



 
Support : Pondok Pesantren Tebuireng
Copyright © 2014-2015. Madrasah Mu'allimin Hasyim Asy'ari Tebuireng - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by KangSigit
Proudly powered by Blogger